Cerita Letusan Merapi; Jumat, 5 Oktober 2010


Assalamu'alaikum wr.wb

Allahuakbar, Merapi meletus dahsyat hari Jumat kemarin, tepatnya tanggal 5 Oktober 2010 jam 00.30. Wuah lagi enak-enaknya bobok tuh, heheee...
Dan emang bener kalo suara letusannya itu kedengeran.
Jadi ceritanya gini, lagi enak bobo gitu kan, pake kipas angin, semilirrrr... Trus tau-tau ngerasa panas dan gelap (aku kalo bobo lampunya nyala :D) trus melek gitu, kan.. mikir bentar
"Ini kok panas ya? Eh, gelap juga.. Ooo, mati lampu to.." gitu doang trus coba merem lagi tapi di luar rame banget bapak-bapak. Kupikir mereka cuma ronda tapi kok ada suara radio gitu. Udah gitu ada suara gludug-gludug, mungkin itu emang suara beledug. Tapi setengah pikiranku mikir klo itu suara gunung, hiiyy..
Tidurku jadi ga tenang, tapi kalaupun bangun mau ngapain? Kan mati lampu, tuh. Akhirnya ya cuman tidur, ketap-ketip di atas kasur sambil dengerin suara merdunya si Merapi.
Eh, tau-tau udah dibangunin buat sholat shubuh (artinya aku akhirnya ketiduran gt :p)
Ibuk, heboh pisan euy! Hapenya lowbat, telepon berdering terus, ckck.. Setelah sholat shubuh bareng bapak, aku ga bisa bobok. Masih mati listrik. Yang bikin kita heboh, titik aman udah di zoma 20 km dari puncak sedangkan posisi kita ada di sekitar 23 km, dikiiiit lagi. Makin ga tenang karena listrik mati (kita ga bisa lihat berita), hape sama2 lowbat (kecuali hape bapak), dah gitu pulsaku limit, mameeeennn!!! Aku pinjem hape bapak buat buka situs apalah yang memuat berita tentang Merapi. Dan aku menemukan berita kalo pengungsi yang tadinya ada di sekitar kampus UII udah dipindah ke Stadion Maguwoharjo yag jaraknya sama rumahku sendiri cuman sekitar 1,5 km. Dari temen ibuk juga ngabarin kalo jam 4 tadi udah ditemuin beberapa korban baik luka bakar maupun yang udah tidak bernyawa :(

Karena suasananya ngeri banget, akhirnya aku sama adikku nggak sekolah. Jam 6 pagi mencoba keluar, ternyata debunya lebih tebel daripada Sabtu minggu lalu, tanggal 30 Oktober 2010. Hujan abunya lebih deres dan kampung semua kelihatan putih. Mmmm, waktu itu satu-satunya alat yang bisa buat update berita cuma radio yang ironisnya batereinya habis! Gila! Akhirnya ibuk cari baterei ke toko terdekat, alhamdulillah buka.
Karena nggak berani keluar rumah jadinya kita cuma ndekem di rumah, untungnya jam 8 listrik udah nyala. Kita langsung nyetel tipi, liat berita yang ternyata di stadion Maguwoharjo emang udah peeeeennnnuuuuuhhhh banget! Kasihan banget lhiatnya :'(

Sorenya, jam 4 aku dibangunin dari tidur siang. Kaget bener soalnya ibuk mbanguninnya sambil panik gitu.
"Bangun!! Bangun!! Kita harus segera ngungsi! Jarak aman naik jadi 25 km! Ayo segera mandi gek tata-tata." gimana nggak langsung melek tuh???? Tapi aku masih bingung, ini ada apaan sih rumah rame banget padahal cuma ada 4 orang.
Lebh heboh lagi soalnya ibuk dapet SMS dari seorang temen kalo Merapi bakal meletus jam 19,30 dengan radius letusannya mencapai 63 km. WUAAAAAAA!! Heboh dah.. Aku ikutan gemeteran.
Sore itu juga bapak mutuskan kita ngungsi ke rumah adiknya lias tanteku di Warungboto. tapi ngerasa aneh, lhawong yang lainnya aja masih pada di rumah kenapa kita malah minggat????? Mana pas itu hujan pula.
Barang-barang yang musti dibawa udah siap semua dan udah masuk ke bagasi. Gila! Bawaannya berasa mau pindah rumah, wkwk... Plap! Jam 5 sore listrik mati (lagi). Makin ngeri soalnya hujan jugak kan... Nah, pas kita udah siap berangkat, kita masih ga tega sama tetangga lain yang masih ada di rumah. Akhirnya kita bantu mereka dulu baru kita cabut.
Rencananya, kalo misal di Warungboto juga gak aman, kita mau bablas ke Solo.

Well, malemnya kita bermalam di Warungboto. Kalo ngeliat-liat keadaan, tampaknya semua baik-baik saja. Jadinya, besoknya kita pulang ke rumah dan bergerak untuk bantu mereka yang ada di pengungsian.

Letusan Merapi kemarin emang ngeri banget. Sampe sekarang suara dentumannya masih kedengeran, suaranya kayak geludug. Kabarnya hujan abu juga sampe ke Bogor, Bandung, sama Ciamis dan sekitar mereka. Sangat miris ngeliat pas tim evakuasi melakukan aksinya di dusun-dusun yang kena Wedhus Gembel. Dusun yang tadinya ijo, warna-warni tiba-tiba berubah jadi abu-abu semua, nggak ada warna lain. Bangunan luluh lantak, rata sama tanah. Jenazah bergelimpangan.
Aku juga salut banget sama reporter-reporter yang sangat tangguh dan berani disana. Aku bayangin kalo aku jadi mereka, wow! Sedih juga ngeliat pengungsi yang bejubel terutama di Stadion Maguwoharjo yang sampe sekarang jmlahnya ada 22 ribu jiwa. Belum lagi yang terpisah sama sanak saudaranya waktu dievakuasi Y.Y

Temen-temen, Merapi belum "melahirkan". Saat ini Merapi lagi bobok, entah apakah dia bakalan bangun dan beraksi lagi atau udah cukup sampai disini. Kita nggak menginginkan hal-hal buruk terjadi, kan pastinya. Kita berdoa yang terbaik buat semuanya. Semoga temen-temen yang ngungsi juga diberi ketabahan.
TETEP SEMANGAT! JOGJAKU TETAP BERHATI NYAMAN!

Di bawah ini beberapa foto debu yang ada di rumahku...





pager rumah



mobil bapak



daunnya kasihan :((



pager lagii..

Comments

Post a Comment

Yuk, share your thought!

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi