Gadis Rantau #4: Anak Unpad dan Cerita 25 Km




Sebelum sama sekali tau dimana itu Unpad dan seperti apa lingkungan di daerah sana, Budeku di Bandung udah sering bilang kalau kampus Unpad itu jauh dari rumah Bude yang ada di Dago. Aku sama sekali nggak curiga dengan "jauh" yang dimaksudkan Bude itu. Kupikir jauhnya paling dari perempatan Ring road Jl. Affandi sampai ke Timoho. Tapi ternyata Bude benar. Unpad itu jauh. Sangat jauh dari Bandung. Jauhnya bikin kita selalu istighfar. 

Pertama kali aku melakukan perjalanan ke kampus Unpad di Jatinangor dan Bandung, aku baru tau makna "jauh" yang sesungguhnya. Ya, Bude nggak bohong. It is literally far far away.





Sebenernya sebelum bener-bener pergi ke Jatinangor waktu mau daftar ulang universitas, bapak udah kepo-kepo duluan dimanakah letak Universitas Padjadjaran. Dan TA-DA! Muncullah itu peta dari google maps, jaraknya sekira 25 km ke rumah Pakde di Dago. Aku mikir, ah 25 km mah sama aja kayak jarak dari rumah ke Merapi. Tapi, kan jalan ke arah Kaliurang dan lebih ke atas lagi sepi? Mungkin karena itu aku jadi merasa kalau 25 km itu nggak terlalu jauh. Namun, setelah merasakan sendiri perjalanan dari Jatinangor ke Bandung dengan menggunakan motor, betapa berasanya itu jarak 25 km yang selalu bikin ngos-ngosan dan keringetan setiap sampai di Bandung. JAUH, BRO!!

Universitas Padjadjaran dikenal orang-orang sebagai kampus yang ada di Kota Bandung. Ya, emang bener. Unpad memang dulunya ada di Bandung, tapi sejak tahun 1983 sampai sekarang kampusnya pindah ke Jatinangor, Sumedang. Tinggal Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis aja yang masih tinggal di Bandung, tepatnya di Dipati Ukur. Lalu tahun 2012 rektoratnya mulai pindah juga ke Jatinangor, jadi sekarang hampir semua kegiatan pusatnya ada di Jatinangor kecuali wisuda karena gedung gedenya ada di kampus Bandung.

Jatinangor itu letaknya udah masuk ke Kabupaten Sumedang. Kalo lihat itu di peta, Jatinangor ini semacam pintu masuknya Kabupaten Sumedang, jadi ya udah perbatasan Bandung-Sumedang gitu, tapi suka berlagak masuk di area Bandung. Curang, sih. Yah, mirip-miriplah sama Kota Magelang yang jadi pintu masuknya Jawa Tengah, tapi sama orang-orang suka masih dianggep di Jogja padahal udah beda provinsi. (suka kesel kalo Borobudur dibilang ada di Yogyakarta padahal aslinya ada di Jawa Tengah. Hm.)

Perjalanan 25 km ini nggak jarang dirasakan sama manusia-manusia yang tinggal di Jatinangor demi memenuhi kebutuhan batin, terutama para mahasiswa. Referensi rekreasi di Jatinangor sepertinya masih kurang memenuhi kebutuhan batin mahasiswa yang ada di sini, makanya sebagian besar dari kami sering banget cari pelarian hiburan jauh-jauh ke Bandung. Nggak cuma hiburan, acara-acara keren pun pasti adanya cuma di Bandung, apalagi kalo yang ngadai anak-anak ITB, pastinya acaranya dihelat di Bandung. Aku dan teman-teman sejurusan pun kalo cari bahan liputan pasti pergi ke arah barat, ke Bandung.

Jatinangor itu daerah yang kecil, makanya referensi tempat refreshingnya nggak banyak. Luasnya 26,2 Km persegi, cuma ada 1 mall yaitu Jatinangor Town Square (Jatos). Dulu, sih waktu pertama kali kesini Jatos masih belum jaya, tempat "hedon"nya nggak banyak. Makin kesini Jatos makin nambah lantai jadi empat tingkat, punya Gokana Ramen, BMK, D' Cost, Pizza Hut, dan sebentar lagi mau buka J.Co. Jangan khawatir juga kalau suka nonton film di bioskop Jatos punya 21 kok, walaupun filmnya kadang apdetnya lama :")

Tempat makan sih banyak banget di sini, tapi membosankan. Makanya, kalau ada keluarga main kesini sebenernya agak sedih karena bingung mau diajak main kemana. Ujung-ujungnya balik lagi ke Bandung. Walau begitu, mahasiswa-mahasiswa yang merantau di Jatinangor ini bolehlah dikatakan sebagai anak-anak yang sabar. Sok... kalau ada keluarga yang berkunjung ke Bandung, dia harus jauh-jauh menyusul ke Bandung, melewati macetnya Ujung Berung atau daerah Antapani atau daerah Pasteur kalau naik mobil. Butuh waktu setidaknya satu jam untuk sampai ke Bandung. Capek pastinya. Tapi sedih juga ketika keluarga lebih memilih kami nyusul ke Bandung, jarang nengokin ke kosan yang ada di Jatinangor. Jadi kami disuruh panas-panasan dan macet-macetan di jalan pergi ke Bandung. Kadang rasanya ini nggak adil, tapi kami tegar. Yang penting sampe Bandung makan dan akomodasi semuanya dibayarin, itu baru namanya adil :")

Hm... nggak cuma main, ya. Wisudaan aja kami harus ke Bandung. Temen-temenku yang udah pada wisuda kemarin sempat ketar-ketir cari penginapan buat orang tua pas mau wisuda. Temen-temen yang mau memberikan selebrasi pun mau nggak mau harus jauh-jauh datang ke Bandung. Biasanya, karena perjalanannya amat sangat jauh dengan kemacetan di sana-sini yang harus dihadapi, dandannya harus pas udah sampai di lokasi wisuda soalnya kalo dandan duluan dari kosan nanti dandanannya rusak duluan hahaha...

Transportasi ke Bandung

Malesin banget emang jalan dari Jatinangor ke Bandung. Seperti yang udah ditulis di atas, daerah Ujung Berung, Antapani, dan Pasteur pasti macet walaupun cuma di jam-jam tertentu, tapi lebih sering macetnya daripada lancarnya. Macetnya itu disebabkan karena 1) kendaraan sangat banyak, 2) angkot yang suka berhenti dan jalan seenaknya, 3) orang nyebrang, 4) lampu lalu lintas yang lamaaa banget durasi lampu merahnya.

Sesungguhnya ada beberapa alternatif transportasi, sih untuk menuju Bandung dari Jatinangor. Kalau aku sendiri karena punya motor jadi lebih sering ke Bandung naik motor walaupun selalu bikin tua di jalan, yang penting lebih ngirit. Ada juga bus Damri yang ongkosnya cuma 7000 rupiah (dulu tahun 2011 sempet 3.500 untuk yang nggak ber-AC dan 5.000 untuk yang ber-AC), berhentinya di Dipati Ukur. Bisa juga naik angkot, tapi harus berkali-kali naiknya. Aku pernah dua kali melakukan perjalanan Nangor-Bandung atau sebaliknya naik angkot. Pertama kali waktu habis daftar ulang, karena kemaleman dan udah nggak ada Damri untuk pulang ke Bandung akhirnya aku sama ibuk dan adikku naik angkot ke Bandung. Yang kedua dari Bandung ke Nangor sama temen-temen bertiga, kami habis dari percetakan majalah ceritanya, pas malem minggu. Salahnya, kami nggak pesen tiket travel untuk pulang dan karena udah malem jadi kami kehabisan. Akhirnya kami pulang ke Nangor naik angkot dan habis ongkos sekitar 11.000 rupiah.

Ada juga transportasi yang lebih eksklusif dan lebih nyaman, yaitu travel. Ada 3 jasa travel dari Nangor, yaitu Geulis travel yang pool Bandungnya ada di Dipati Ukur sebelah Pom Bensin, travel Arnes yang pool Bandungnya ada di Baltos, Tamansari, dan travel Tiyasa yang pool Bandungnya ada di depan Perpustakaan Unpad Dipati Ukur. Masing-masing ongkosnya 18.000, 20.000, dan 17.000. Kalau lagi capek dan males bawa motor aku kadang ke Bandung naik Damri atau travel. Lebih bagus lagi kalo ada kereta, sayangnya kalo mau naik kereta harus naik dari Rancaekek. Ongkosnya nambah lagi. Harusnya ada, tuh kereta langsung ke kampus Unpad Jatinangor, jadi kan nggak capek.

Beberapa waktu lalu sahabat SMAku berkunjung ke Jatinangor. Tanggung banget, kan kalo ke Nangor tapi nggak ke Bandung. Akhirnya sekalian cari oleh-oleh aku bawa dia ke Bandung naik motor. Sepulang dari Bandung, kayanya sahabatku itu udah mau pingsan saking jauh dan melelahkannya perjalanan itu. Rambutnya udah berantakan dan wajahnya rada pucet hehehe.. belum makan malam juga sih waktu itu, jadi energinya habis di jalan. Terus dia bilang gini "Pik, aku pun kalo tinggal di sini nggak akan sering-sering ke Bandung. Jalannya kayak gitu, males banget," katanya dengan agak kesal hahaha...

Ya, itulah testimoni salah seorang dari Yogyakarta yang pertama kali ke Jatinangor dan pertama kali pula melakukan perjalanan Jatinangor-Bandung. Kuliah di sini emang banyak sekali rintangannya, tapi itu justru membuat siapapun yang mengalaminya jadi lebih kuat lahir dan batin hahaha. Jarak 25 Km itu dulu memang selalu kami selali dan keluhkan, tapi lama-lama karena udah biasa jadi malah kami syukuri dengan sangat. Kalo nggak begini kami nggak akan punya banyak pengalaman perjalanan jauh.

Begitulah....
Jatinangor selalu punya cerita dan selalu dapat kesan dari siapapun yang pernah tinggal di sini. Termasuk cerita 25 Km itu.

Selamat datang di Jatinangor, yang bukan berada di Bandung melainkan di Sumedang :)


.arifina007.

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi