Gadis Rantau #9: Gimana Suasana Ramadhan di Jatinangor?

Ini ketiga kalinya aku melaksanakan ibadah puasa di Jatinangor. Kenapa tiga kali? Iya, soalnya yang dua kalinya aku puasa sebulan di rumah karena bertepatan dengan waktu liburan. Sejatinya aku bisa aja pulang sekarang dan puasa (kembali) di rumah. Tapi, karena ada sesuatu hal yang sangat spesial kalau melaksanakan ibadah puasa di Jatinangor, aku memutuskan untuk menunda pulang sedikit waktu.

Kenapa spesial?


Marhaban Ya Ramadhan.
Nggak kerasa, sudah berjumpa lagi dengan bulan suci penuh berkah ini. Alhamdulillah masih diberikan kesehatan dan kekuatan lahir batin untuk melaksanakan ibadah puasa wajib yang datangnya cuman sebulan dalam setahun ini.

Tahun ini puasa di mana? Sama siapa?
Seperti tahun lalu, tahun ini aku berencana menghabiskan 2/3 puasa Ramadhan di Jatinangor. Bisa jadi puasa terakhir di sini bareng teman-teman yang masih tinggal di sini. Iya, tadi di atas aku udah sebutkan kalau ada sesuatu yang beda kalau puasa di Jatinangor ini, di tempat rantau. Kami di sini nggak puasa bareng keluarga di rumah, buka dan sahur semeja bersama keluarga, tapi kami menghabiskan quality time Ramadhan bersama teman-teman. Buka bareng mereka, sahurnya sendirian. Di kosan. Delivery. Hm.

Tahun ini suasana Ramadhannya terbilang rame karena masih bertepatan dengan jadwal perkuliahan yang mana minggu depan nanti adik-adik mahasiswa akan melaksanakan UAS semester genap. Biasanya, seenggaknya 3 tahun terakhir ini Ramadhan jatuh bertepatan ketika libur kuliah jadi suasananya jauuuuuuhh lebih sepi. ALhamdulillah tarawih malam pertama kemarin masjid raya Unpad penuh sampai lantai 3 bahkan sampai terasnya, lalu buka puasa hari pertama kampus juga rameee banget.

Kalau bulan puasa gini, Jatinangor amatlah sepi pas siang hari, tapi sore menjelang berbuka puasa, di beberapa titik terlihat sangat padat. Titik kepadatan yang juga jadi favorit para mahasiswa untuk cari makanan buat buka puasa adalah di area gerbang lama. Disitu kita akan temukan mamang-mamang penjual jajanan yang familiar yang mana mereka di hari biasa suka jualan di pinggiran trotoar gerlam dari pagi sampai sore hari, sekarang mereka buka lapak di tempat yang sama dengan waktu yang berbeda. Banyak juga mahasiswa yang memanfaatkan kesempatan keramaian ini dengan jualan es buah atau kolak demi menyambung hidup. Selain gerbang lama, titik keramaian juga ada di sekitar Mall Jatos dan daerah Caringin. Ya, untuk makanan atau minuman yang dijual relatif hampir sama, sih. Es buah, es pisang ijo, gorengan, kolak, dan es kelapa muda.


Suasana Gerbang Lama Unpad, Senin (6/6) hari pertama puasa Ramadhan 2016. Maaf ini fotonya goyang soalnya yang motret laper  waktu itu hujan gerimis deras.


Nah, walaupun di tempat-tempat tersebut banyak sekali yang jualan jajanan, tapi hati-hati kecewa kalau datengnya udah mepet banget ama adzan magrib karena dijamin bakalan kehabisan! Apalagi buat jajanan yang ada di gerlam. Kemarin, aku berkesempatan buka puasa pertama sama MbaHell dan Dina di gerbang lama. Aku dan MbaHell datang kesana sekitar pukul 17.15, di saat suasana udah sangat riuh ramai dan berdesak-desakan. Kami pun kebingungan mau beli apa saking banyaknya pilihan. Kami yang ngidam gorengan akhirnya mencari tukang jual gorengan yang dari sekian banyak gerobag itu cuma ada dua gerobag yang jual gorengan. Miris.

Sedihnya lagi, dua gerobak itu udah tinggal punya satu macam gorengan aja. Yang satu cuma tinggal gehu pedas dan satunya tinggal tempe goreng. Ya sudah, akhirnya kami beli tempe goreng aja. Pelajarannya adalah, datanglah lebih pagi biar nggak kehabisan kaya gitu. Tapi pun, kalau kehabisan jajanan-jajanan itu, jangan khawatir juga karena ada banyak saudara-saudara kita yang bagi-bagi makanan buka gratis. Lumayan, kan seenggaknya buat ngebatalin puasa dulu.



Sebelum berbuka, di masjid Raya Unpad biasanya ada kajian-kajian ringan dengan narasumber yang beragam mulai dari mahasiswa berprestasi sampai ustadz ternama. Di masjid juga disediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sayangnya, nggak banyak mahasiswa yang ngabuburit dengan mengikuti kajian itu. Kebanyakan memilih untuk duduk-duduk di Brooklyn, tempat duduk di gapura Unpad atau di ATM center.

Nah, kalau sudah berbuka, lanjut sholat magrib sekalian sampai tarawih di Masjid Raya Unpad. Tiga tahun yang lalu masjid ini masih dibangun. Lokasinya deket gerbang lama, jadi akses untuk sholatnya lebih mudah. Nah, kalau empat tahun yang lalu masjid Unpad itu ada di pucuk gunung di dalam kampus, jauh dari pintu utama kampus, jadi memang agak sulit cari mesjid terdekat untuk tarawih dulu itu. Tapi nggak cuma masjid Unpad karena di Jatinangor ini ada banyak sekali masjid, jadi jangan khawatir kehabisan shaf kalo mau ikut sholat tarawih. Tiap masjid beda-beda rakaat tarawihnya, ada yang 11 rakaat dan ada yang 23 rakaat. Kalo yang 23 rakaat selesainya sekitar jam 20.15, kalo yang 11 rakaat selesainya sekitar jam 20.30. Loh, kok cepetan yang 23 rakaat? Iya, imamnya bacaannya cepet banget ampe gabisa istirahat dulu, habis salam langsung berdiri lagi huhuu..

Sebenernya karena ini Ramadhannya masih bebarengan sama masa-masa ujian jadi rasanya hari-hari berjalan seperti biasa. Kalau pas lagi liburan itu baru kerasa karena suasananya sepi sekali, sedikit mahasiswa yang masih tinggal dan bisa dipastikan mereka itu adalah mahasiswa tingkat akhir yang lagi kejar target menyelesaikan skripsi. Kerasanya apa? Kerasa sendiri, hehehee...

Mungkin Ramadhan di Jatinangor ini juga jadi tantangan buat teman-teman yang nggak menjalankan puasa karena seperti yang aku bilang di awal, di pagi sampai siang hari hampir nggak ada warung yang buka, jadi mereka kesulitan untuk cari makan kecuali masak sendiri. Tapi nggak sedikit teman-teman itu yang justru ikutan puasa, jadi makannya juga pas udah sore. Subhanallah, Ramadhan di sini memberikan banyak kebaikan ternyata :")

Akan sangat kangen pastinya sama suasana dan pelaksanaan Ramadhan di sini. Apalah daya, kita harus terus berjalan agar ilmu terus bertambah. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih penuh berkah dan menjadikan kita insan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin...

Maaf nulisnya agak semrawut, aku terserang flu tiga hari ini. Iya, cuaca di Jatinangor lagi galau banget. Tiga hari puasa pertama lalu hujan turun cukup deras, besok-besoknya panas mendera di siang hari tapi dingin merajalela di malam hari. Kaget kali badannya jadi hampir tepar begini hehe...
Oke, tetap semangat dan tetap sehat ya, teman-teman!! ^^


.arifina007.



Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi