Ekspektasi Tinggi Itu Nggak Baik (Part 1: Review Film Bulan Desember 2014)

Selamat malam, semesta!
Nggak terasa udah di penghujung 2014, ya? Waktu memang luar biasa tak kenal kecepatan, begitu saja melesat. Kayaknya baru kemarin aku KKN di Ciamis. Ah, yang jelas tahun ini aku mengalami hal-hal yang menarik dan seru dan yang pasti banyak pelajaran di dalamnya :)

Satu hal yang akhirnya sekarang jadi kebiasaanku mulai tahun 2014 ini adalah aku jadi makin rajin nonton film, baik itu di bioskop maupun film beli, nonton sendiri di laptop. Hobi nonton film sebenernya udah aku geluti sejak SMA, tapi aku termasuk nggak terlalu sering nonton di bioskop. Nah, baru di tahun 2014 ini aku jadi sering banget nonton di bioskop. Sebulan bisa sampe tiga kali nonton, muahahahahhaaa :D
Gimana nggak sering? Ketika tarif film di bioskop-bioskop sudah menginjak kepala '3' sampe '5', di Jatinangor tarif tiketnya masih Rp20ribu! Yah, walopun studionya standar tapi setidaknya bioskop 21 yang ada di Jatos adalah salah satu pelipur lara paling manjur buat kami anak-anak Jatinangor. Biasanya juga, kan di bioskop suka ditawarin paket popcorn+cola yang cuma Rp10rb, atau popcorn+cola+roti yang harganya Rp15rb, jadi dengan uang Rp35rb kami udah bisa beli tiket nonton dan cemilan buat nonton. Bahagia nggak, sih? Hahahaa...

Itu juga yang terjadi pada bulan Desember ini. Di awal bulan lalu aku udah nonton 3 filem yang ngehits pisan: Stand By Me Doraemon, Supernova KPBJ, dan Pendekar Tongkat Emas. Well, untuk filem terakhir aku nonton bukan semata nyumbang jumlah penonton biar AADC2 dibikin sama Mbak Mirles tapi karena memang pengen nonton filem laga ala Indonesia berhubung udah lama banget nggak nonton filem laga. Terlebih filem itu adalah filem Indonesia termahal sepanjang tahun 2014 ini.

Oke, sebenernya intinya sekarang aku pingin bikin review dan apresiasi buat tiga filem yang aku tonton itu. Secara keseluruhan, dua filem pertama yang aku tonton itu cukup membuatku bete. Hampir bete luar biasa bahkan. Sementara filem terakhir setidaknya jadi pelipur lara setelah nggak puas nonton dua filem sebelumnya, yah walopun pas keluar bioskop masih menggantungkan tanda tanya di atas kepala, sih. Baiklah, coba disimak aja review dan apresiasi saya tentang tiga filem ngehits bulan ini.

Stand By Me Doraemon: Nggak Ngerasa Filem Udah Selesai
Film yang paling ditunggu-tunggu sama generasi 90-an ini jelas harus jadi tontonan bulan ini. Tanggal 10 Desember 2014 film ini mulai diputer di seluruh Blitz Megaplex di Indonesia. Karena muternya cuma di Blitz, nggak heran kalau tiketnya gampang ludes dalam sehari dan antreannya puanjang banget. Untungnya aku masih di Bandung ketika film ini rilis, jadi masih ada kesempatan nonton. Di Jogja, kan nggak ada Blitz ehehehee...

Aku nonton Doraemon ini tanggal 11 Desember di Blitz Miko Mall Kopo. Jauh amat? Iya, karena di PVJ kabarnya antreannya sampe Calais, sampe mau ke parkiran (Ini serius, nggak lebay. Beneran!) Selain jauh lebih sepi, tarif tiket di Miko Mall lebih murah, jatohnya Rp25rb yang non 3D. Aku nonton berdua sama temenku.

Oke, di awal scene film ini memang bagus. Kita, generasi 90-an, yang biasanya nonton kartun Doraemon dengan efek 3D ala-ala, sekarang ditontonin filem Doraemon dengan motion 3D beneran. Gambarnya alus, jadi kesannya agak beda dengan ketika kita nonton kartun yang biasa. Buat gambarnya, okelah aku acungi dua jempol.

Kalau dari segi ceritanya..... Nah, ini dia. Sepertinya sebelum film ini rilis di Indonesia aku sudah berekspektasi sangat tinggi. Oh iya, beberapa tahun lalu aku sebenernya juga udah baca kisah akhir persahabatan Doraemon dan Nobita di versi komiknya. Secara keseluruhan memang mirip banget ceritanya, cuman karena ingatan jangka panjangku tiba-tiba blur karena terlalu excited dengan Stand By Me Doraemon, jadi ekspektasiku terhadap film ini terlalu berlebihan.

Di awal sebelum menonton aku dan beberapa temen yang udah menantikan film ini membuat asumsi-asumsi: Doraemon habis batereinya trus mati. Nah, di masa depan Nobita jadi ilmuwan keren dan menciptakan Doraemon lagi. Begitulah kiranya. Tapi apa daya, ternyata ceritanya nggak seperti itu.
Awal mulanya penonton disuguhi adegan-adegan yang memang sangat lucu dan kocak. Adegan ketika Nobita iseng nggambar baju renang di tubuh Shizuka kemudian baju Shizuka berubah jadi baju renang, seketika itu penonton di bioskop ketawa. Ada lagi adegan ketika Giant terjebak di telur pemikat (entah apa namanya, lupa) trus dia jadi jatuh cinta sama Suneo sampe Suneonya dikejar-kejar. Itu lucu pisan!

Ada sedihnya juga. Sedih banget ketika Nobita memilih give up dari semuanya. Dimulai ketika dia dapet nilai nol di ujian Bahasa Jepang, lalu karena malu dia juga memutuskan untuk bikin Shizuka benci sama dia. Ada adegan sedihnya di situ, aku bahkan sampe berkaca-kaca. Ah, mas-mas di sebelahku bahkan sampe nangis, kok! Haha...

Lalu aku dan temenku nggak nyangka ketika tiba-tiba cerita udah selesai, lampu studio udah nyala lagi, dan credit tilte udah muncul! Jadi nih filem udah selesai? Ketika Nobita kena tipu Suneo dan Giant di April Mop lalu dia minum ramuan pembohong peninggalan Doraemon. Pas ditanya ibunya "Nobi, apakah Doraemon jadi datang?" tiba-tiba Nobita nangis dan bilang kalau Doraemon nggak akan datang dan kembali lagi. Eh, pas nyampe kamar tiba-tiba laci kamarnya bergetar dan tadaa! Keluarlah Doraemoon!! Udah gitu selesai.

Udah gitu doang. Wah, aku dan temenku langsung bete. Ah, tau gini mending nunggu download-annya aja (dan ternyata udah rilis dan dishare di facebook link downloadnya. Oh Men!!). Untung kami nggak jadi nonton yang versi 3D. Untung kami nggak nonton di PVJ dan rela ngantri berjam-jam. Untung tiketnya murah. Segala untung, deh!
Kalo dibandingin sama Big Hero 6 mendingan Big Hero 6 deh! Lebih kena filosofi dan pesan filmnya.
Over all, saya kasih 7/10 untuk film Doraemon.

.arifina007.

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi