Sumpah Pemuda = Bebaskan Pemuda Indonesia dari Bahaya Rokok

Selamat hari Sumpah Pemuda, kawan!
Cuman telat sehari nggak apa kan?? Hehe..
Lama nggak nge blog, males je... males buka komputer, mana hotspot di rumah suka lelet pula. Huft, sabar..sabar..

Masih dalam suasana Sumpah Pemuda, kali ini aq pengen membahas tentangeksistensi pemuda dalam hal MEROKOK.
Beh... sekarang, teh udah marak atu yang namanya NGEROKOK. Tahukah kalian bahwa rokok itu SANGAT SANGAT AMAT SANGAT BERBAHAYA bagi tubuh, soale mengandung 4000 bahan kimia di dalamnya. Yang aku ingat, ada bahan pembuat deterjen, njuk CO atau CO2 ya?? Lupa, dll.
Survei membuktikan bahwa 43% anak Indonesia adalah Perokok Pasif.
Jadi perokok itu ada dua, yang aktif dan pasif.

Nah, perokok aktif adalah perokok yang bener-bener ngisep tuh rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang menghirup asap rokok yang disembulkan oleh seorang perokok aktif.
Menurut teman, mana yang lebih kena dampaknya? Perokok aktif atau yang pasif?
Yang lebih kena dampak buruknya adalah perokok pasif, soalnya dia langsung ngirup asep rokok tanpa bisa ngeluarinnya lagi, sedangkan kalo yang aktif tuh kan ngisep trus ngeluarin lagi.

Okay... setelah baca-baca di beberapa sumber, ternyata mengenaskan banget perokok di Indonesia itu. Yaitu diantaranya, 80% perokok Indonesia adalah di bawah 19 tahun. WOW!
Bahkan disana disebutkan, anak umur 5-9 tahun udah berani merokok.
Dan tahukah kamu? Kebanyakan perokok di Indonesia adalah orang miskin dan bukan orang kaya. Huft. . . padahal rokok, kan muahal... Ada lagi.. sekarang semakin banyak wanita yang merokok bahkan wanita hamil sekalipun. Kesian, kan anaknya... aduuh... Lahir tau-tau dah kanker duluan.. ya ampun ya ampun ya ampun..

Ada sedikit cerita, nih..

Tadi aq ngebis, trus di Gejayan ada penumpang naek. Aq duduknya di belakang, nah.. dia juga duduk di belakang. Sayangnya... masnya itu bawa rokok, mana duduknya deket banget pula sama daku. Rokoknya masih panjang gitu. Pokoknya selama perjalanan aku ngelihatin ke luar jendela. Aq punya asma dan aq pas itu dah ngerasa seseg gimana gitu, de..
Mau negur nggak enak, habisnya rokoknya masih banyak, hehe... (sama aja aq memperbolehkan masnya itu ngerokok ya..)
Akhirnya aq nggak tahan, capek nutupin hidung pake kerudung, aku nunduk.. sok-sok batuk gitu (padahal batuk beneran, wkwkwkwk) Entah gimana perasaan masnya itu pokoknya setelah itu masnya nggak ngisep-ngisep lagi. Bener-bener nggak tahan aq kalo di deketku ada orang ngerokok.

Well... banggakah kita kalo negara Indonesia kita ini adalah konsumen rokok lima besar dunia? (tahun 2002)
Mantaaaaap... Perusahaan rokok pun senang, soalnya konsumennya banyak padahal pemilik perusahaan itu mungkin bukan perokok aktif.
Mengutip ucapan dari Prof. Dr. Veni Hadju, PhD (Dekan Fakultas Kedokteran Masyarakat Universitas Hasanuddin) bahwa belum adanya Undang-Undang pengendalian tembakau ini kemudian dimanfaatkan secara maksimal oleh industri tembakau untuk memperluas pasar penjualan zat adiktif. Bahkan ironisnya, mereka diposisikan sebagai penyelamat bangsa dari kemiskinan dan kebodohan.

Beeeeeh... coba diulang...
mereka diposisikan sebagai penyelamat bangsa dari kemiskinan dan kebodohan
Wew.. Oke.. Sipzz..
Emang, sih penyelamat bangsa tapi dari segi apa ya?? masih nggak ngerti, nih...
Hayoo.. sapa yang ngerokok???
Sebenernya susah lho menghentikan suatu kebiasaan yang udah bertahun-tahun lamanya kita lakukan (susah banget malah). Salah satunya menghentikan kebiasaan merokok. Apalagi seorang perokok berat, kalo masih perokok yang awal-wal, sih mudah-mudahan bisa.

Daripada merokok, mendingan juga ngunyah permen karet, lebih sehat (alah, promosi, haha)
Eh, tapi beneran tau... Kalo kita ngunyah-ngunyah gitu, kan ntar otot-otot di pipi itu jadi lentur, bisa baca berita, deh (apa hubungannya??) tapi, yaa... masalahe gulanya itu, heheee...

Bener-bener ngeri perokok Indonesia itu..
Merokok itu sangat merugikan, nggak cuman kesehatan tapi juga fuluus.
Coba kita hitung bersama-sama..
Sebatang rokok itu harganya rata-rata 500 sampe 1000 rupiah (cuman sebatang).
Dalam satu bungkus terdapat 12 batang rokok, kita pake harga 600 rupiah per-batang. Kalo dikalikan jadi 7.200 per-bungkus. Nah, itu baru sebungkus. Kan, ada ya orang yang ngerokok ampe 3 bungkus dalam sehari. Itung lagi... 7.200 kalikan 3 jadi 21.600 rupiah. Itu satu orang lho..

Okay, sekarang 21.600 kalikan 70 juta penduduk Indonesia yang merokok. Hasilnya sama dengan 1.512.000.000.000 rupiah. Inilah total hasil dari UANG yang dibakar oleh 30% penduduk Indonesia (perokok). Hasil yang mengejutkan bukan?? huehehheh..
Satu koma lima trilyun rupiah dibakar habis oleh sebagian penduduk Indonesia. Wedew... tragis Men!! Dan "unik" nya, 70%nya adalah konsumen dari kalangan miskin. Huhuhuuu..
Allahuakbar.. bener yah.. yang miskin makin miskin, yang kaya makin kaya...

*tw g siy, sebenernya maen kembang api atau petasan segala macem gitu juga mbakar duit looh, hehee...*

Ironisnya lagi, kawan.. Indonesia juara perokok REMAJA di dunia.
semakin mantap saja beritanya, huahahahaaa... Remaja=Pemuda
Wadu.. lagi-lagi pemuda, teman... Serba salah, deh..

Oia, mau tau bahayanya merokok??
buka aja http://savechildfromsmokers.blogspot.com
Na'udzibillah, deh... Ya Allah, semoga kami anak-anak Indonesia nggak separah itu, amiin.

Nah, dalam rangka Sumpah Pemuda ini, yuk kita gerakkan PEMUDA-PEMUDI INDONESIA ANTI ROKOK supaya Indonesia jadi lebih bersih dan lebih sehat. Soalnya, tubuh yang sehat itu nanti segalanya akan mudah dilakukan. Semua senang dengan tubuh yang sehat, benar begitu??

Nggak ada lagi masa suram karena rokok
Nggak ada lagi penduduk Indonesia meninggal karena rokok
Nggak ada lagi anak-anak Indonesia jadi bodoh karena rokok

Selamatkan anak bangsa!
Bebaskan kami dari asap rokok...


Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi