Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi

Kalau di rumah, jarak antara kamar tidur dan kamar mandi itu bisa sampe meteran. Untuk menuju ke kamar mandi pun harus melalui perjuangan, yaitu turun tangga dulu. Kalau mau ke dapur, perjalanannya agak lebih jauh. Setidaknya, aku merasakan kakiku bergerak untuk menuju ke dua tempat paling penting di rumah itu. Tapi, sejak menyandang status sebagai "anak kosan", aku nggak perlu lagi ngerasain perjalanan jauh menuju ke dua tempat itu, seenggaknya kamar mandi aja soalnya ngesot sedikit juga udah nyampe.


Salah satu jenis tempat tinggal yang paling ngehits buat anak rantau adalah kos-kosan. Ya, bisa dibilang jenis tempat tinggal ini adalah sebuah ruangan yang umumnya ukurannya 3x3 meter, isinya cuma ada kasur, meja belajar, sama lemari, sejenislah sama seruangan kamar (Ya emang kamar mereun). Yah, aku nggak pernah terpikirkan akan tinggal di sepetak ruangan selama aku merantau di Jatinangor ini. Bayanganku, kos-kosan itu kayak di filem-filem, ya sama kaya rumah, ada ruang tengahnya, ada kamarnya (buat kamar pribadi), ada garasi, ada dapur, dan ada halaman. Tapi, semua itu buyar ketika aku liat-liat ragam kosan yang ada di sini soalnya kosan di sini (sebenernya nggak cuma di Jatinangor, di semua lingkungan kampus pun sama aja kondisi kosannya) yang berupa gedung berbilik-bilik dan isinya kamar doang.

Tapi ada kesan tersendiri ketika aku pada akhirnya harus bertransformasi dari anak rumah jadi anak kosan. Dari tinggal di rumah yang banyak ruangan jadi tinggal di sebuah bilik sebesar 3x3 meter. Perasaan ini tentunya juga dirasain sama temen-temen yang merantau dan tinggal di kos-kosan. Ini adalah secuil kisah yang bakalan susah untuk dilupakan sepanjang hayat :)

Perjalanan ke Kamar Mandi ala Anagh Kozan
Selama tinggal di sini aku pindah kosan sebanyak 2x, semuanya punya kamar mandi dalem. Ukuran kamarnya macem-macem, sekarang yang paling gede, segede lapangan bola. Mau gegulingan di lantai bisa, mau ngeband di kamar juga bisa, mau pengajian oke juga. Pokoknya gede dah, ga kaya kosan sebelumnya yang lebih sempit dibanding kamar di rumah. Jarak antara tempat tidur dan kamar mandi kayanya nggak perlu diitung pake meteran. Ngesot sedikit dari tempat tidur juga udah nyampe ke pintu kamar mandi. Ya, sedekat itu. Nggak usah pake perjuangan harus keluar kamar dan melakukan perjalanan yang cukup jauh.

kamar kosan ke-2. Pas lagi rapi aja inimah, habis dipel ceritanya karena saking ga ada kerjaan di kosan, jadinya ngepel hm. Ya, sekiranya sebesar ini kamarnya
Apa yang beda ketika tinggal di rumah dan tinggal sendirian di kosan?
Salah satunya adalah itu tadi, perjalanan dari tempat tidur menuju ke kamar mandi. Ya, buatku sendiri sih, ini adalah pengalaman yang sangat berkesan. Kalo di kosan, pemandangan dan ruangannya ya itu-itu aja: tembok atau kamar mandi. Kalo di rumah kan banyak, ada kulkas, ada meja makan, ada tivi, ada ruang tengah, ada dapur. Yah, terkadang tinggal di kosan itu membosankan karena perjalanan ke kamar mandi cuman satu langkah. Oh iya, termasuk juga perjalanan ngambil cemilan. Kalo di rumah, nyimpen cemilan kan, biasanya di dapur atau yang deket-deket situlah. Nah, kalo di kosan kalo mau ngambil cemilan nggak perlu beranjak dari tempat duduk. Cukup menjulurkan tangan ke lemari tempat nyimpen cemilan dan TA-DA, cemilan seketika sudah ada di tangan. Praktis banget emang hidupnya anak kosan, teh...

Makan ala Anagh Kozan
Awalnya agak kerepotan jadi anak kosan pertama kali. Yang paling dibingungkan adalah masalah makan, bahkan sampe saat ini selalu bingung makannya gimana dan mau makan apa hahaha... Soal ini pastinya dirasain sama semua anak kosan di seluruh dunia apalagi yang nggak doyan masak sendiri, Jujur aja, tadi barusan ngobrol sama salah satu partner in crime-ku, mungkin sekitar 70% uang jajan itu habisnya buat makan aja, itu termasuk jajan-jajan lucu di mamang cilok atau abang lumpia basah. Makanya, bener itu banyak meme yang bilang kalo makan gratis adalah sebuah keajaiban yang luar biasa buat anak kosan terutama yang nggak doyan masak sendiri.

Tapi anak kosan nggak serta merta selalu jajan, kok kalo makan. Kadang mereka punya "kreativitas" tersendiri untuk memenuhi kebutuhan perut tanpa harus keluar kosan atau bahkan keluar kamar. Kalau mereka yang punya magic com, selain dipake buat masak nasi pasti pernah punya pengalaman bikin mi pake alat ajaib itu. Atau bikin sup macaroni yang instan itu, atau sok-sokan bikin oatmeal pake magic com. Bahkan manasin rendang pake magic com. Ada juga yang nggoreng sesuatu pake magic com. Yah, nggak heran namanya "magic com", emang ajaib soalnya! Bikin roti bakar pake magic com atau dua setrika! Kalo yang pake setrika aku sih belum pernah cobain, tapi kalo pake magic com pernah hahaha... Anak kosan hidupnya emang selalu instan.

Dan yang paling membingungkan soal urusan perut adalah ketika uang jajan udah menipis sementara jadwal kiriman orang tua masih beberapa minggu lagi. Saat itulah anak kosan bersiasat antara ngirit dan dapet makanan gratis. Terkadang anak kosan juga memaksakan diri jadwal makannya dirapel entah dua kali sehari atau sehari sekali just like me demi kemaslahatan perut esok hari. Kalo kepepet harus makan lagi ujung-ujungnya pinjem duit temen yang pada akhirnya duitnya itu bakalan muter-muter, maksudnya nggak akan pernah kembali lagi ke dalam dompetmu atau temen yang kamu pinjemin duit karena duit itu dipake terus buat jajan. Dan jujur aja, mi instan sekarang harganya mahal sedangkan porsinya lebih sedikit. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan perut di zaman sekarang ini mi instan udah bukan lagi penolong utama. Penolong utama hanyalah Dia Yang Maha Pemberi Rejeki di atas sana :") *pasrah*


Kreativitas Tanpa Batas ala Anagh Kozan
Selain "kreativitas" masak tadi, ada banyak kreativitas lainnya. Sebagian lainnya mungkin pada udah tau, contohnya pake ember buat pengganti meja laptop, bikin rak buku dari kardus bekas, atau bikin jemuran di dalem kamar? I dit it, wkwkwk... Ceritanya kan, emergency jemuran gitu. Jadi, waktu itu ceritanya musim hujan, aku ngejemur baju di balkon tempat jemuran. Nah, aku mau pergi ke Bandung dan meninggalkan kosan selama beberapa hari. Daripada bajunya basah mulu kena hujan, akhirnya aku bikin tuh emergency jemuran di dalem kamar :)


salah satu mahakaryaku emergency jemuran yeay!

Pokoknya, kalo jadi anak kosan itu segala sesuatu punya keajaiban tersendiri, barang-barang nggak kepakai pun bisa jadi barang yang sangat bermanfaat buat keperluan kosan, salah satunya adalah kerdus tadi yang dijadiin rak buku. Pernah kepikiran sih, bikin itu tapi sampai sekarang belum terlaksana soalnya sok sibuk dan harga kardus ternyata mahal, sayang duit, mending buat makan, jadinya kubiarkan saja bukuku yang jumlahnya entah udah berapa itu berceceran di mana-mana.


Masalah kebersihan pun bisa diatasi dengan sangat mudah sama anak kosan. Ngepel adalah salah satu pekerjaan bersih-bersih yang paling malesin sepanjang hayat hidup, kan, ya. Udah basah-basahan, harus jongkok, belum lagi kalo kamarnya segede lapangan bola, lelahnya luar biasa (padahal baru seluas kamar, belom rumah. Hm.) Nah, kalo mereka yang terpaksa harus ngepel dan males pake kain pel biasanya akan pake kanebo atau biar langsung basah ya pake tisu basah walaupun ngabisin banyak lembar, yang penting bersih.

Gimana dengan nyuci pakaian?
Kalo di rumah mah enak ada mesin cuci, tinggal plung-plung masukin baju, tabur deterjen, klik start, muter deh. Nah, kalo ala anak kosan kan biasanya di kosan nggak ada mesin cuci jadi mau nggak mau harus nyuci manual. Berhubung anak kosan sifatnya agak egois dan pelit, jadi kalo nyuci pakaian pasti  asal ngerendem aja, ngucek sedikit, rendem ke pewangi, udah terus dijemur, besok siang diangkat. Nggak usah disetrika nggak apa-apa, nanti juga kusut lagi. Lipat aja yang rapi, masukin lemari, pakenya dua minggu kemudian, kan udah rada ilang tuh kusut-kusut bekas diperes heheehee.. Hemat listrik, sip!

Sahabat Anagh Kozan
Hal yang paling menyenangkan sebagai anak kosan adalah kebebasan. Ya, waktu di rumah, jam malamku adalah jam 8 malam yang buatku saat ini jam segitu, tuh masih pagi, hehehe... Jam malamnya anak kosan itu biasanya jam 1 pagi atau jam 3 pagi. Ngapain aja, sih? Di perantauan, anak kosan nggak punya kerabat dekat selain temen-temennya sendiri. Makanya, temen kosan atau sahabat yang sama-sama ngekos di tanah rantau adalah the most precious persons in life. Kalo udah kumpul sama temen-temen pasti lupa waktu sampai lupa tidur bahkan.

Paling seru adalah ketika kita semua ngumpul di kosan, entah di kosan sendiri atau di kosan salah satu teman. Nggosip, main kartu, nyanyi, main gitar, nonton filem, main dandan-dandanan (buat yang cewe), atau bobo siang berjamaah adalah momen-momen berharganya anak kosan. Berjubel di dalem ruangan yang sempit nggak masalah selama canda dan tawa itu menghiasi seluruh isi ruangan.

Sembilan orang berjubel di kamar Mbak Hella yang kamarnya nggak segede lapangan bola, tapi kami bahagia, kapan lagi bisa berjubel kayak gini? :") Itu dari sembilan orang baru satu yang udah sarjana. Hhe.
Yang jelas sih, kalau buat aku sendiri, mereka- temen-temen yang sama-sama berstatus anak kosan - adalah orang-orang yang bisa bikin aku menjadi diri sendiri. Hm, bukan, mungkin lebih tepatnya gini, jadi anak kosan itu bikin kita bisa jadi diri sendiri. Aku mengenal diriku lebih dekat, sedekat tempat tidur dan kamar mandi kosan, nggak sejauh kamar tidur dan kamar mandi di rumah. 

Ya, gitu deh, jadi anak kosan. Kadang pelit kadang dermawan, tapi lebih sering pelit. Ada susah dan ada senengnya. Tapi sepertinya anak kosan adalah golongan yang paling tau membalikkan kesusahan menjadi kesenangan dalam sekejap mata. Kan, udah dibilang tadi anak kosan hidupnya praktis dan instan hahahaa..

Dan satu lagi! Setelah menyandang status jadi "anak kosan" selama kurang lebih 4 tahun ini aku punya kesimpulan bahwa ngekos itu bikin kita kreatif banget dan akan sangat berguna buat masa depan rumah tangga kelak, wkwk..


.arifina007.





Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012