Hari ini Semangat, Besok Mengeluh Lagi #SumpahPemuda-1

 courtesy of IYCS

Assalamu'alaikum wr.wb

Wooww, 28 Oktober 2012!!! Hari apa ini? Hari Minggu. Oke....

Tadi pagi, tepat setelah aku cuci muka dan bebersih setelah tersesat di dunia mimpi, aku langsung menyambungkan diri dengan twitter dan facebook. Di twitter, hampir semua tweet dari teman-teman isinya sama, begitu pun di status facebook, isinya semua sama! Apa?

Ya, hari ini tanggal 28 Oktober 2012, tepatnya adalah Hari Sumpah Pemuda. 84 tahun lalu, pemuda-pemudi Indonesia mengikrarkan sumpahnya sebagai orang Indonesia. Semua pasti udah hapal, dong yaa...
Lalu apa yang terjadi di twitter dan facebook? Sebagaimana sudah mampu ditebak oleh pembaca sekalian, kebiasaan pemuda-pemudi kita setiap ada hari besar semacam ini selalu menyatakan "status" mereka melalui dunia maya. Ya, pagi ini timeline twitter maupun facebook dipenuhi oleh "semangat" muda-mudi kita dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda ini. Seakan-akan semua berseru, suasana pagi ini rasanya ramai sekali dengan seruan semangat mereka. Mereka pun mengekspresikan perayaan ini dengan cara yang berbeda-beda: ada yang nge-tweet quote nya tokoh muda Indonesia zaman dulu, ada yang menyadur lirik lagu yang berbau semangat nasionalisme, ada pula yang membuat lelucon-lelucon jomblo.

Yah, ekspresi muda-mudi kita memang sangat beragam. Ini artinya, muda-mudi kita adalah generasi yang (sebenarnya) kreatif.

Sayangnya... oh, sayangnya...

Kebiasaan muda-mudi Indonesia sejauh yang aku amati adalah mengeluh. Apa-apaaaa dikeluhkan, setiap keadaan bukannya disyukuri malah disalahkan. Kita hanya semangat di saat-saat tertentu saja. Yah, seperti pada hari ini contohnya. Apalagi ini hari Minggu, hari libur, hari refreshing. Semua muda-mudi kita pasti sedang berbahagia.

Kenapa, ya semangat itu hanya ada sesaat? Kenapa kita nggak semangat aja untuk selamanya?
Mungkin karena mental pemuda yang katanya masih labil, jadi yang namanya semangat pun belum bisa stabil. Tapi, lucu.... kelabilan itu bukannya bertahap melainkan langsung "jatuh ke jurang". Maksudnya, hari ini, kan semuanya berkobar-kobar menyuarakan semangat mudanya, sok bijaksana, sok berani bertanggung jawab kepada negara, sok berkomentar terhadap perilaku pemuda Indonesia, sok merasa bangga menjadi pemuda Indonesia, lihatlah besok pagi... apa yang terjadi...
Terlebih besok adalah hari Senin, emosi para pemuda yang sok semangat hari ini tadi melalui twitternya, mendadak turun drastis. Tweet nya jadi tweet malas karena besok hari Senin, UTS, kalkulus, mendung, galau, hari Senin.. ah....


HOY PEMUDA-PEMUDI INDONESIA!!!

Hayuk bangun!! Mengeluh itu boleh aja, asalkan ada porsinya dan beralasan (btw ada gitu mengeluh yang beralasan? mmmmm .___.)
Sudah 84 tahun sumpah pemuda kita diikrarkan, sudah semestinya kita mengindahkan ketiga sumpah tersebut: bangsa, bahasa, dan tanah air INDONESIA. Caranya? Ayo, kita lakukanlah aksi kecil-kecilan, nggak usah yang gede-gede. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, nggak usahlah pakai "ciyus ciyus miapah miapah miayam", menjijikkan ==" Aku yakin, Pak Soekarno sendiri pasti geuleuh ndengernya, hiiiyyy... trus langsung ilfil sama pemuda-pemudi Indonesia jaman sekarang.

Jangan malu menggunakan pakaian batik. Siapa bilang pakai batik jadi kelihatan tua? Justru kita bakalan dibilang keren sama orang-orang, dibilang orang penting sama temen-temen, hehehee....
Lalu, demi masa depan Indonesia yang lebih baik, semua itu ada di tangan kita sekarang. Nggak usah cerewet ngomentarin kinerja pemerintah, yang penting kita terus bekerja keras meneruskan kemerdekaan ini dan mewujudkan tujuan bangsa Indonesia: mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semangat jangan cuma hari ini. Semangatlah untuk hari ini, besok, lusa, atau seabad lagi.

SMAN6at!!!


arifina007

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi