Belajar dari Bencana

Assalamu'alaikum wr.wb

MasyaAllah....

Astaghfirullahal'adziim...

Astaghfirullahal'adziim...

Astaghfirullahal'adziim...

Pasti semua udah tau, dong kalo dini hari tadi gunung Merapi njeblug lagi? Tepatnya jam 23.16 (sekitar jam segitu), pas itu kebetulan aku belum bobo, sih hehehee... dan denger-denger suara gemuruh, gitu. Pikirku, sih cuma geledug biasa jadi nggak terlalu panik :p eh, ternyata begitu bangun pagi, rumah udah heboh aja gara-gara ibuk dapet SMS dari kawannya kalo rumahnya udah ditutupi abu. Well, sepintas, di lingkungan rumahku nggak terlalu parah kena hujan abunya jadi aku tetep berangkat sekolah. Eh, pas udah keluar Condong Catur, gila! kompleks UGM udah kayak di Amrik aja, tuh ditutupi "salju". UGM tebeeelll bangen abunya dan begitu mendekati sekolah yang posisinya ada di sampingnya kompleks UGM juga lumayan tebel abunya. Ckck, keadaan emang sebegitu ngerinya.

Sebenernya harusnya sekolah nggak libur, tapi jam 9.30 anak-anak sekelas pada panik gara-gara kebau sulfur dan beberapa temen juga ditelepon ortunya supaya pulang aja, lagipula waktu itu kita nggak ada guru juga, skeolah juga suasananya nggak serame biasa walaupun emang lumayan banyak yang masuk. AKhirnya tanpa ada komando dari sekolah, kita semua (sekelas) langsung cabut dari kelas dan pulang, hehe..

Keadaan UGM ternyata makin parah. AKu pulangnya lewah Jalan Kaliurang dan ternyata semakin ke utara, abunya makin tebel. Jalan Kaliurang bener-bener gelap! masyaAllah.. untungnya rumah ada di sisi timur jadi nggak terlalu banyak kena soalnya abunya ke arah barat trus ke selatan.

Well, kemarin Jumat pagi Merapi juga meletus trus habis itu ada berita kalo beberapa gunung di Indonesia pada aktif setelah Merapi "bangun". Delapan gunung di Jawa udah berstatus aktif, dua gunung di NTT juga. Wow, beruntut ternyata!
Tentunya yang paling mengerikan adalah kabar kalo Anak Krakatau pun udah berstatus waspada (walaupun udah sejak tahun lalu menyandang status ini).

Wah, makin ngeri aja, nih.
Hai, teman. Tahu tidak? Setelah dilihat-lihat, Indonesia ini memang posisi dan susunan gunungnya berjajar rapi dari Sabang sampai Merauke. Coba lhat gambar di bawah ini:
WOW!! AMAZING!!
Sumatera sama Jawa merah semuaa!! Mantap!Beginilah Indonesia. UNIK. Negeri kita ini rawan akan gunung berapi. Lihat aja, serentetan bok! Karena itulah, sekalinya ada yang aktif maka akan mempengaruhi aktivitas gunung yang lain. Bisa dibilang, gunung yang ada di ujung Sumatera itu adalah sebagai "start" nya jajaran gunung di dunia.
Tuing...tuing... bagaimana ini? Apa yang harus kita lakukan?

Kalo udah berhubungan sama alam begini kita nggak bisa berbuat banyak, apalagi sama gunung :(
ATas semua kejadian ini kita harus sadar bahwa dunia makin ganas. Tapi kita nggak boleh takut melainkan harus memperbaiki diri dan negeri kita jadi meski kita dikelilingi sama kawasan rawan bencana, kita mendapat ridho-Nya agar telrindungi dari segala bencana yang terjadi.
Oke, guys.. kita nggak patut bersombong ria karena kita bukan apa-apa di hadapan-Nya. Semua ini peringatan buat kita, buat negeri ini. Yuk, kita sama-sama membangun diri dan negeri :)
Belajar dari semua yang terjadi :D

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi