Nasionalisme?? Gengsi,daaaaaahh...

Rasa nasionalisme anak negeri kita makin pudar aja,nih...
Aduh,kayaknya semakin banyak orang2 yang lebih suka sama produk-produk luar negeri.
Apa lagi remaja jaman sekarang.Duh,dengan bangganya mereka memamerkan celana jeans buatan Amerika padahal itu bukan produk dalam negeri...

nih,contoh percakapannya

Remaja 1      : eh,ini,nih produk baru dari Amrik.Papaku habis dari sana.
Remaja 2     : wow,bagus banget.Itu,kan limited edition.Keren....

Malah memuji produksi bangsa lain yang jelas-jelas adalah musuh kita juga.
Bahkan sekarang,sudah jarang ada anak yang sungguh-sungguh menghormati bendera Merah-Putih kita.
Contoh lain,kalau ada seseorang yang pamer barang dari luar negeri dengan bangganya sedangkan orang lain yang diajak bicara(merasa)  nggak punya apa-apa untuk dibanggakan,akhirnya dia minder.Padahal dia pakai baju produksi dalam negeri ASLI!!
Seakan produksi dalam negeri itu menjijikkan,nggak keren,nggak oke...padahal belum tentu produksi luar negeri kualitasnya ada di atas produksi dalam negeri.

Banyak sekarang toko-toko barang sisa IMPOR dan sisa EKSPOR.
kalo disuruh milih,aq milih barang sisa ekspor.Tapi lihatlah orang lain,pasti yang diserbu adalah barang sisa impor.Sok kaya.
PAdahal kalo dipikir lagi,barang sisa EKSPOR itu berarti kualitasnya bagus,lha wong EKSPOR...sampe internasional bok!!! apa nggak membanggakan??
Malah justru barang sisa IMPOR kadang-kadang kualitasnya udah nggak bagus dan nggak sebagus barang sisa EKSPOR.

Kenapa kata IMPOR dan EKSPOR di capslock??
Ini untuk menekankan dan memperjelas dan mendukung banget produksi dalam negeri. Dan menyadarkan rakyat ini yang semakin terpuruk karena dibodohi oleh mereka yang iri sama kita.
Sadarlah kawan bahwa semua barang luar negeri yang kamu pake itu nggak sebagus punya kita!!Sadarlah bahwa Indonesia milik kita!!

Capek,deh...
Jujur,walopun Indonesia bodo nya kayak gini,tapi aq tetep cinta sama Indonesia.
Ada alasan tersendiri kenapa aq cinta Indonesia karena Indonesia punya sesuatu yang berbeda dari negara lain.Indonesia istimewa...

Seakan rasa nasionalisme pemuda Indonesia telah pudar tak berbekas.
Seakan nasionalisme itu sesuatu yang nggak penting
Seakan nasionalisme itu sesuatu yang menjijikkan
jadi gengsi....Gengsi kalo nggak pake PRODUK LUAR NEGERI

HaPe...
Aq baca di sebuah buku kalo di Singapura dan malaysia,orang-orang disana pake HaPe yang biasa aja dan nggak canggih-canggih amat.Sedangkan Indonesia...Walalalaaahh..gila,anak umur 7 tahun aja udah dibelikan HaPe yang keren banget,padahal udah jelas anak umur segitu nggak terlalu membutuhkan sebuah HaPe di genggamannya.
Paling enggak,punya HaPe itu kelas 3 SMP.Itu namanya adil.
Saatnya berpikir rasional dan lebih maju.Ilmu teknologi penting tapi belum untuk anak umur 7 tahun.Di Jepang,sedari bayi si anak sudah dilatih mandiri.

Waktu di Jepang dulu *cie...* acara Tivinya tuh keren2,nggak ada bangsanya sinetron dkk.
Trus aq pernah lihat salah satu acaranya,kisah nyata,kisah yang mendebarkan.
Jadi ada keluarga kecil.Anaknya masih bayi sekitar 9-13 bulan gitu.Trus suatu hari ortunya berdua pergi,si anak ditinggal sendiri di rumah.
Anaknya pinter banget dah...

Tuh,di Jepang aja ortu berani ninggalin anak sendirian di rumah.Kita?? saking banyaknya kejahatan disini,maka para ortu jadi khawatir sehingga anak-anaknya dibawa pula.

Yang harus kita lakukan adalah MENCONTOH..
sekali lagi.. MENCONTOH apa yang dilakukan oleh bangsa maju sehingga kita nggak udah capek-capek nge banggain produksi negara lain.
Nah kalo kita tanya mereka gimana negaranya kok bisa maju,salah satu jawabannya pasti karena rasa nasionalisme.Itu sangat mempengaruhi perkembangan negeri kita!!!
Inilah yang kurang...

Coy,nggak usah ngaku-ngaku orang Indonesia kalo suka pamer produk luar negeri,oke??!!

Comments

  1. Hmm...terus terang,kk jg ga trlalu kuat nasionalismenya.Nasionalisme kk keluar kalo menyangkut hal2 tntang indonesia di lingkup internasional aja.Misal,timnas qta di piala asia,piala thomas & uber,olimpiade,soal malaysia yg mengklaim be2rapa produk qta adlh pnya dy,dsb.Kk jrng kluarin nasionalisme kk kalo brhbungan ma dlm negri.Bhkan,upacara bndera aja,kk sering ga konsen,mlah komentarin ptgas upcra (kdng2 pmbinanya jg malah).Kk ngrasa,nasionalisme kk msh kurang.Ada tmen kk dlu di smp,kk tnya,"lu bangga jd anak indonesia?".Kata dy,"Ga sama sekali!! Ngpain gw bngga jd anak di negri korup,rusuh,ga brmutu & bnyak orang miskin? Kalo gw dsruh mlih,gw lahir di mana,mnding di luar negri aja,yg maju!"

    Pikir aj ade fifi,tmen kk aj blng kyk gt.Yg laen psti jg bnyak.

    Tp,kini kk mlai sadar,nasionalisme ga diperlukan dalam urusan internasional aja.Kk sekarang mulai suka lagu2 wajib nasional (krna guru kk,pak jumai).

    Posting ade yg ini bner2 menginspirasi kk.Kk mw minta izin ma ade,blh ga posting ade yg ini kk jdiin bhan bwt mading di skul kk? Tema mading skul kk skarang kn kmerdekaan,jd posting ade yg ni nyambung,krna tntang nasionalisme.Blh ga?

    Dah dlu ya komen kk,maaf kpanjangan

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk, share your thought!

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi