my favourite novel

Sebagai pecinta novel,pasti ada donk novel favoritnya...
Nah,aq sekarang lagi pengen koleksi novel-novel yg tebel dan bagus.
Sayangnya biasanya novel tebel gituan harganya muahal...langsung bokek,nih...
Mmm..dari sekian banyak novel yg aq punya..Ada satu novel yang bener-bener kasih aq inspirasi,kasih aq semangat,pokoknya mengubah aq jadi seseorang yang....beda gitulah..

Adalah LASKAR PELANGI.Novel yang paling aq suka.
Nggak cuman Laskar Pelangi doank tapi beserta teman-temannya (Laskar Pelangi itu tetralogi)
Yaitu Sang Pemimpi,dan Edensor.Untuk novel seri keempatnya belum terbit,judulnya Maryamah Karpov.

Kenapa aq suka novel-novel itu??
Ini yang hebat penulisnya pastinya,salah satu penulis favorit aku,Andrea Hirata.
Wow,amazing!!Keren banget,deh novelnya!!

Laskar Pelangi


My favourite novel

Novel ini bercerita tentang 10 murid sebuah sekolah Muhammadiah yang terancam bubar kalo nggak ada murid yang masuk.Sekolah ini termasuk terpencil,pokoknya nggak dikenal dan terpelosok,dan miskin sangat.Waktu itu,sekolah ini membuka penerimaan siswa baru.Nah,murid yang masuk baru ada 9 orang.Pak Harfan selaku kepala sekolah memutuskan,kalo murid nggak nyampe 10 orang pada jam 11 nanti,maka sekolah ini bubar.Dua menit menjelang pukul 11 akhirnya ada juga seseorang yang daftar.Dan lengkaplah sudah 10 orang murid di sekolah itu.

Anggota Laskar Pelangi antara lain ada Syahdan,Sahara,Trapani,Kucai,Borek,A Kiong,Mahar,Ikal,Harun,dan Lintang.*murid terakhir yang tadi masuk namanya Harun*
Mereka dinamakan Laskar Pelangi karena sehabis hujan,anak-anak ini suka duduk di bawah pohon Filicium dan memandangi pelangi di atas.Maka Bu Mus,ibu guru sekolah tersebut menyebut mereka Laskar Pelangi.

Nah,tokoh favorit aq di novel ini adalah Lintang.Bocah yang luar biasa jeniusnya!!
Semangat belajarnya tinggi.Dialah yang bikin aq semangat.Waktu baca penggambaran tokoh Lintang oleh Andrea Hirata,kalimatnya bener-bener menggugah semangat kita!!Apalagi waktu aku baca buku ini,adalah saat-saat menjelang ujian nasional.
Wow,Lintang adalah contoh yang baik untuk kita.Jarak rumahnya ke sekolah adalah 40 km.Ia selalu berangkat menggunakan sepeda gunungnya.Sehingga kalau dijumlah,pulang-pergi jarak rumah-sekolah adalah 80 km.

Ketika berangkat sekolah ia harus bertaruh nyawa karena harus melewati sungai yang banyak buaya buasnya.Kalau sekolah selesai sore,maka ia akan sampai rumah malam hari.Ia nggak pernah mengeluh meski harus bertaruh nyawa demi masa depannya kelak.
Ia harus melewati hutan yang lebat,tak jarang ban sepedanya yang bocor di tengah jalan,ia nggak putus asa.Ia tetap melanjutkan perjalanannya menuju sekolah sambil membawa sepedanya pula.Suatu hari rantai sepedanya putus dan nggak bisa disambung lagi karena terlalu sering putus dan semakin pendek,akhirnya dia menuntun sepedanya sampai ke sekolah.Sampai di sekolah,teman2nya udah bersiap mw pulang.

Panas terik hujan badai,dia tetep aja berangkat ke sekolah,nggak pernah bolos!!
Bener-bener deh!!Semangat menuntut ilmunya tinggi banget!!
Dah gitu pulang sekolah dy masih kerja sebagai kuli kopra.
Di rumahnya yang terdiri dari empat orang tua ayah dan ibu Lintang,dua orang adik laki-laki ayah Lintang yang nggak bisa diharapkan,lalu lima orang adik perempuan lintang,ditambah Lintang,ayah,dan ibunya.Belum lagi masih ada 6 ekor kucing di dalam rumahnya yang masing2 diberi klintingan sehingga rame banget.
Rumah Lintang nggak luas.Rumahnya sangat sempit,dihuni oleh 14 orang.
Dan tumpuan dari semua itu adalah Ayah Lintang.Beliau kerja untuk menghidupi semua anggota keluarga yang tinggal di rumahnya.

Dalam keadaan seperti itu,Lintang tetap aja belajar.Malam hari ia akan keluar lalu membuka bukunya.Belajar merupakan hiburan yang membuatnya lupa akan semuanya.Usianya masih 8 tahun,bacaan bukunya sudah tentang Galileo Gallilei,Isaac Newton dan kawan-kawan.

Semangat belajar Lintang itulah yang bikin aq jadi wah!!
Dalam keadaannya yang susah banget,dy masih aja belajar belajar dan belajar.
Bahkan ia lebih pinter daripada profesor2 di universitasnya Andrea di Perancis sana.
Suatu hari Andrea atau biasa dipanggil Ikal,pulang dari Perancis soalnya ibunya sakit.Nah sebelum pulang dy bawa "oleh-oleh" soal matematika yg tingkat kesulitannya tinggi.
Suatu saat dy tanya ama profesornya yang pinter banget,ugh ternyata nggak bisa dipecahkan sama seorang profesor!!!
Trus pas sampe di Belitong,dy tanya ama Lintang dan dalam waktu 2 minggu akhrinya soal tsb bisa terpecahkan juga!!! Hebat yah??

Hmm..kejadian yang sangat disayangkan adalah ketika itu,Laskar Pelangi menginjak kelas 3 SMP.Suatu hari Lintang nggak masuk sekolah.Temen-temen bingung,selama 9 tahun ini,nggak pernah dia bolos sekolah,ada apa??
Empat hari berlalu tanpa kehadiran seorang Lintang.Dan pada suatu hari ada sebuah surat. Bu Mus membacanya...
Beliau menangis.Nggak biasanya beliau menangis se-lebay ini *alah,bahasanya nggak enak banget*
Dan apa isi surat itu??

Ibunda Guru,
Ayahku telah meninggal,besok aku tidak akan ke sekolah (lagi).
Salamku,Lintang

Owh,so sad.Ayah Lintang meninggal otomatis nggak ada lagi yang cari nafkah untuk keluarga.Dan Lintanglah korbannya.Ia yang harus menggantikan ayahnya.
Lintang.....bener-bener sosok yang hebat!!Semangatnya itu!!
Huwow!! Lintang!! Kau inspirasiku!!
Sayang banget,orang kayak Lintang begitu nggak terlalu mendapat perhatian khusus sama pemerintah.Padahal dia adalah aset negara!!
Yang kita butuhkan adalah orang2 seperti Lintang!!

Ada satu tokoh lagi yang juga jadi favorit aku,namanya Mahar.
Berbakat sekali di bidang seni,Dan sangat disayangkan juga...soalnya sewaktu dewasa,dy nganggur lamaaaaaaaaa banget.Dia hanya menunggu dan menunggu tawaran pekerjaan.
Dy menunggu panggilan Pemda sebagai tenaga kerja honorer tapi ternyata panggilan itu nggak ada.Akhirnya dia mulai menulis artikel-artikel tentang kebudayaan melayu dan menarik para petinggi lalu dipercaya sebagai dokumentasi permainan anak tradisional.

masih banyak cerita tentang Mahar.Ia juga anak yang memiliki semangat yang tinggi.
Baca aja novel ini.Adalah novel penggugah semangat mu kawan!!
Setelah baca novel ini aq baru menyadari betapa berartinya hidup ini dengan persahabatan,ilmu,dan saling menghargai serta menolong.
Kita belajar banyak di buku ini.Laskar Pelangi,semuanya adalah anak-anak yang bisa dibilang kurang mampu sangat.Tapi mereka bersama-sama di sebuha sekolah Muhammadiyah yang terancam bubar,menuntut ilmu bersama untuk mencapai satu tujuan.

Luar biasa,deh!!!
Kalo masih belom ngerti sama isi bukunya,baca lagi!! nggak akan bosen!!
Sumprit!!
Selamat mencoba!! Buku ini udah membuat perubahan besar dalam diriku,sayangnya aq g mw sebutin,ntar dikiranya narsis lagii...hehehee...
Selamat membaca!!

Comments

  1. Wah,ade fifi ska novel ya? Kk sbnrnya jg kutu buku,setiap ad buku baru yg menarik psti kk bca.Tp krna novel mahal,jd kk sangat jrang bca novel.Te2p cnta membaca ya ade!

    ReplyDelete

Post a Comment

Yuk, share your thought!

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi