Antara Galau, Sedih, Senang, dan ingin Kembali






Assalamu'alaikum wr.wb

Akhirnya... sampai juga di kosan dengan selamat, piiiuuuuuhhhh U,U

Hari ini saya kasih five thumbs up, deh! Luar biasa bangeeett, seru bangeeett, ngeri bangeeeett, mengharukan bangeeeeett, dan tentunya SINETRON bangeeeeeett...

Jadi.. izinkan saya kali ini bercerita, cerita penuh hikmah dan tangisan. Mau ketawa juga silakan karena saya sendiri juga seperempat galau, seperempat sedih, seperempat geli, seperempat bahagia gitu.

Hari ini saya dan teman-teman pergi ke Bandung, berempat tuh.. ada saya, Nisa, Ayu, sama Tari. Saya sama Tari naik motor, karena kita cuma punya helm satu jadinya Ayu sama Nisa naik Damri. Oke, skip.. nggak penting.
Acaranya di Bandung buat mengusir kebosanan aja, kita karaokean di BIP. Tadinya mau di Jatinangor aja tapi berhubung tempat karaokean di Jatinangor kurang nyaman, kurang canggih, dan kurang lengkap koleksi lagunya, jadi kita pilih melanglang buana ke Bandung, sekalian ganti pemandangan, tiga hari ada di lingkungan yang sama dengan kegiatan yang nggak begitu jelas, yang bener aja???

Saya berangkat sama Tari, lewat jalan yang nggak biasa saya lewati dari Jatinangor ke Bandung, jadi posisi saya ada di belakang Tari. Awalnya aman-aman aja, tapi begitu memasuki Bandung, saya hampir kehilangan jejak Tari.
Sayangnya saya lupa itu di daerah mana, pokoknya itu jalan satu arah. Kondisinya jalannya rame banget, hampir macet. Posisi Tari ada di sebelah kanan jalan. Saya pikir Tari bakalan lurus jadi dengan ke-sok-tahu-an saya, saya ambil jalan alternatif untuk nyelip-nyelip mobil-mobil yang tengah antri untuk jalan. Posisi saya akhirnya ada di tengah dan karena saya orangnya suka cepet kalo bawa motor, posisi Tari jadi ada di belakang. Waktu saya cek lewat spion, nggak ada bayangan Tari di sana dan ternyata Tari udah ambil ke sisi kiri.
Akhirnya kita hampir sampai di perempatan jalan, posisi saya masih di tengah sedangkan Tari ada di sisi kiri. Waktu saya ngeliat Tari, ternyata Tari belok kiri!!! Sementara itu posisi saya tidak memungkinkan untuk belok kiri, jadi saya mengendalikan motor untuk jalan lurus. Parahnya itu bener-bener jalan satu arah jadi saya nggak mungkin muter dong untuk ngejar Tari. Akhirnya, logika pun digunakan. Saya tetep jalan lurus, entah itu arahnya ke mana saya nggak tau, yang jelas kalau tadi Tari belok kiri berarti kalau saya ketemu sama perempatan, saya harus belok kiri juga. Ketemulah perempatan itu dan saya langsung ambil kiri.

tempatnya asing banget! Saya nggak tau sama sekali itu daerah mana, sedih banget. Pokoknya saya ngikutin jalan pake logika aja. Alhamdulillah ketemu sama mesjid Agung, saya kenal tuh kalo sama daerah ini tapi bingung lagi.... kok ini jalannya muter-muter??? Dan saya nggak tau Tari kemana, saya hanya mikir "Sudahlah, yang penting nanti sampe ke BIP. Ketemu di BIP aja."
Subhanallah banget, di tengah jalan tiba-tiba ada suara "Hei, Bubu!! Aku kira kamu hilaaangg!!!" Ah! Itu suara Tari!!! Benaaaaaaaaaaaaarrrrrrrr!!!! Subhanallah, ini ajaib bangetlah! Akhirnya aku menemukan guide ku kembali :D
Keren! Kesasar yang indah ini mah, hahahaaaa :D Ya, sudah akhirnya kita langsung lanjut ke BIP.

Ya sudah... kita karaokean dua jam, belum puas soalnya pas waktunya habis, playlistnya masih banyak lagu, hiks.. :'(
Karaoke kita diakhiri dengan lagu BONAMANA nya Super JuniOR.

Semua keperluan kita selesai pukul 16.54 WIB
Ayu sama Nisa harus kejar bus soalnya Damri biasa nggak beroperasi lagi pukul 17.00 jadi mereka pergi duluan. Sementara itu, saya sama Tari jalan ke parkiran. Saya minta Tari untuk tunjukin jalan yang waktu berangkat tadi soalnya kalo ke Jatinangor lewat jalan biasa, yaitu lewat Ujung Berung, biasanya jalannya macet. Males banget saya kalo macet.

Oke, Tari udah nunjukin jalan menuju jalan pulang (itu pikir saya). Tari mau ke rumah saudaranya yang di Bandung, jadi dia nggak kembali ke kosan.
Nah, akhirnya kita berpisah, dong.... Waktu pisah, Tari cuma bilang "Bubu, itu kamu belok kiri, jalan yang tadi." dan saya langsung cuuuussss aja belok kiri. Maaf, saya lupa itu di daerah mana.. pokoknya BIP itu lurus terus.
Jam tangan saya menunjukkan pukul 17.05
Baiklah, setidaknya saya harus sudah sampai di Jatinangor dan melegakan tubuh di kosan sebelum pukul 19.00

Sayang sekali, saya begitu buta arah.
Saya cuma inget, tadi itu waktu masuk Bandung, kita lewat Buah Batu. Saya inget soalnya tadi lewat di sekolah tempat saya tes SNMPTN dulu. Jadi, dalam pikiran saya, saya cuma harus menemukan jalan sampai ke Buah Batu, maka semua akan aman.
Yaudah, karena saya sama sekali nggak tau itu lokasinya di mana, saya pakai logika dan feeling lagi. Waktu itu mendung, saudara-saudara... dan entah tangan kanan saya nge-gas motor menuju ke mana.

Awalnya gerimis.
Lalu hujan......

Saya cuma muter-muter nggak jelas, cari jalan. Hujan. Makin galau.
Akhirnya, sampailah saya di Jalan Gatot Subroto. Tapi sama aja, saya nggak tau daerah ini, cuma sering denger namanya aja, hiks :(
Saya terus berjuang mencari jalan. Nah, beruntunglah saya karena akhirnya saya menemukan Rambu penunjuk jalan.

Dago lurus.

saya pun mengarahkan motor saya ke Dago, mungkin kalo startnya di Dago saya lebih mengerti jalan menuju Buah Batu. Alhamdulillah akhirnya sampai di Dago juga.
Matahari udah mulai ngantuk, tuh... jadi udah mulai agak gelap. Dari Dago, saya lanjut ke arah Pahlawan. Waktu tes SNMPTN dulu, Pakde nganterin saya ke tempat tesnya dan beliau menuju ke sana lewat Pahlawan luruuusss terus, ngelewatin Griya Pahlawan itu..
Jadilah saya mneuju ke sana. Jalannya rame banget, macet!
Nah, kalo dari arah Dago ke Griya Pahlawan berarti nanti waktu di perempatan Pahlawan saya harus belok ke kanan. Masalahnya, posisi saya salah lagi. Saya ada di posisi tengah jadi susah untuk belok ke kanan. Traffic Light nya Pahlawan sendiri juga berantakan jadinya sangat tidak memungkinkan bagi saya untuk belok kanan, akhirnya saya lurus. Waktu itu saya sempat memutuskan untuk lewat ke jalan biasa aja, ya jalan yang lurus itu tadi. Sayangnya, jalannya macet banget, jadinya saya putar balik ke arah Pahlawan lagi.

Saya lewat Griya Pahlawan, jalan luruuuusss terus. Nah, habis itu ada simpangan kanan sama kiri, saya pikir aja.. mungkin lebih baik belok kanan, jadilah saya belok kanan.
Dan ternyata keputusan itu salah!!!! Sejak saya belok kanan itu, saya terlempar entah ke mana. Saya sama sekali nggak tau ini jalannya ke arah mana. Waktu sudah menunjukkan pukul 17.45, hampir Magrib dan saya belum keluar dari Bandung!
Saya pikir jalan itu tadi akan mengarahkan saya ke Buah Batu tapi ternyata saya salah besar.
Saya sendiri bingung, kenapa saya malah masuk pasar???mana sepi pula jalannya, untung masih terang dan banyak mobil lewat situ, jadi saya nggak terlalu khawatir. Nggak kepikiran hal-hal aneh malahan.... tadinya juga saya pikir mending nginep aja di tempat Bude, tapi besok saya ada acara penting dan saya juga nggak bawa baju, jadinya saya tetap memutuskan untuk kembali ke kosan.

Saya jalan terus tanpa arah. Nggak juga, sih.. setiap ada rambu penunjuk jalan, mata saya sensitif. Saya cuma mengandalkan rambu itu.
Keajaiban pun datang ketika saya kejebak lampu merah di sebuah daerah (lagi-lagi saya nggak inget itu daerah mana karena saya NGGAK TAU). Di depan saya ada angkot hijau muda, tulisan belakangnya gini "St.Hall-Gd. Bage". Mantap!!! Gede Bage! Itu tujuan saya!! Akhirnya sejak itu saya memutuskan untuk membuntuti angkot yang semacam itu.

Dan feeling saya benar. Angkot itu membawa saya menuju Buah Batu pada akhirnya!! Yey!! Saya akhirnya bisa melanjutkan perjalanan dengan tenaaanng :D

Tapi kebahagiaan itu hanya sesaat karena, walaupun sudah sampai di Buah Batu dan sudah melewati sekolah tempat saya tes SNMPTN, saya tetep nggak nemu jalan yang tadi siang saya lewati sama Tari! Aduh, ini demi apaaaaa??? Saya jadi bingung dan galau tingkat satu. Akhirnya, saya muter lagi... saya kehilangan jejak angkot hijau muda tadi, jadi saya sekarang coba cari lagi.
Akhirnya saya nemu angkot lain yang warnanya biru tua dan menuju ke Gede Bage juga. jadilah sekarang saya mbuntutin angkot itu.

ENtah kemana angkot itu menuju, yang jelas tiba-tiba saya ngelewatin pasar (lagi)!!!
Piuuuuuhhh, ini apa-apaan??? Saya makin tersesat kalau beginiiii >,<
hujannya untungnya tinggal gerimis, jadi tidak terlalu membuat saya galau.
Dan pada saatnya lagi, saya kehilangan angkot itu lagi. Tiba-tiba hilang gitu... sudah, ini sudah jauh dari pusat kota dan waktu sudah menunjukkan pukul 18.16 dan saya belum menemukan jalan keluar!!!! Mulai saat itu saya mikir yang aneh-aneh. Nanti kalau nggak nemu jalan pulang sampe malem gimana? Masa saya tidur di jalan? Nggak mungkin juga saya telepon kakak saya, nyuruh njemput adiknya yang ngenes kesasar... Saya tetap melaju.

Saya ngelewatin pasar malem untuk yang ke tiga kalinya. Saya nggak ngerti sama sekali, sebenarnya saya sedang bermain apa? Saya seperti yang ada di games-games anak kecil itu, yang nyari harta karun dengan jalan yang bruwet. Tau dah!!
Saya sudah hampir putus asa dan hari semakin gelap. Saya cuma bisa pasrah, terserah hati ini menyuruh saya ke mana, terserah tangan ini mengarahkan Revo ku kemana, aku pasrah.

Pukul 18.37

Kembali mata saya sensitif sama rambu penunjuk jalan. Ada satu kata yang membuat saya begitu berbinar..

CIBIRU LURUS

:DD
:DD
:DD
SENAAANGG!!
SENAAANNGG!!!
SSEEEENNNAAAANNGG!!!
AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN JALAN PULAAAAAAAANNNGG!!!!! :D

Yeaaaaaaayyy!!! Dan baru saya sadari ternyata saya ada di Jalan Soekarno Hatta!! Wooowww!
Oke, jalan menuju Cibiru cuma lurus, jadi enak walaupun sering kena lampu merah dan lampu merahnya itu lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget, saya udah pegel duduk di atas jok motor. Saya sudah pusing tengok kanan-kiri cari jalan. Saya sudah sangat galau kebingungaan mencari jalan! Yah, hampir dua jam saya mencari jalan keluar menuju Jatinangor dari Bandung.
Hujan-hujan, gelap, kebelet pipis, kaki becek, tangan pegel, kepala gatel, lengkap deh!!

Dan akhirnya saya tembus sampai ke jalan yang tadi siang saya lewati. waktu menunjukkan pukul 19.05 waktu saya memasuki jalan itu.
Subhanallah, akhirnya sampai juga di Jatinangor tepat ketika adzan Isya berkumandang (saya belum sampai kosan). Karena saking semangatnya, saya nge-gas motor saya kencang-kencang, ingin segera sampai kosan dan MANDI!!!!

O-oooooowwww... kejutan lagi, bro!
Sedih banget, sampe kosan ternyata kosannya GELAP GULITAAA!! Bapak kosnya belum pulang kerja, ini temen-temen kosan juga kebetulan pada belum balik jadi hanya saya seorang di sini Y.Y
Tapi ternyata hasil kesabaran saya terbayar ketika saya mau ngambil kunci dari saku celana, bapak kosnya dataaaaanngg :D
Asik banget dah! ALhamdulillah akhirnya sampai juga di kosan :D
Pokoknya tadi sampe kosan langsung bebersih diri, capeeeeeeeeeekkkkkkk!!!!!!!!!

Waktu di perjalanan tadi handphone saya getar terus. Ah, saya nggak kepikiran untuk ngambil handphone saya karena saya lagi galau waktu itu dan pas saya buka sesampainya di kosan, ternyata udah ada 6 pesan dan 1 panggilan tak terjawab.
Tari yang heboh. Dia nanyain saya sudah sampai belum, tau jalannya nggak, kesasar atau enggak...
Saya menginjakkan kaki di kosan pukul 19.37

dan badan saya sekarang pegel-pegel Y.Y
Saya menghabiskan bensin sebanyak 1 liter dalam waktu dua jam, hampir tiga jam lamanya.

Sumpah, ini pengalaman kesasar paling mengerikan sepanjang hidup saya. Tapi menyenangkan juga, kesasar ternyata asik lhoooo setelah saya alami tadi, wuahahahaa... walaupun menyedihkan juga.

Teman-teman, lain kali kalau kesasar.... satu saja pesan saya...
percayalah pada angkot, mereka tidak pernah bohong. Jangan pernah sekali pun kehilangan jejaknya karena kalau kau kehilangan kau akan tersesat sesesat-sesatnya.

Pusing ya ceritanya? Ya, saya nulis ini juga lagi pusing dan ngantuk dan pegel. Saya cuma pengen berbagi pengalaman kesasar aja, buat saya hari ini bener-bener hari yang nggak akan aku lupakan seumur hidup. Hari di mana aku kesasar di Bandung.

Rasanya kesasar??

Antara galau, sedih, seneng, dan ingin kembali ^^

Cobalah untuk kesasar! Seru banget!!



Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi