Hati-hati Bicara, kawan!!

Assalamu'alaikum wr.wb

Ujian selesai liburan tibaaa!! Belum ding, masih ada class meeting.. tapi males ah.. geje acaranya, penuh diisi oleh anak-anak geng, aku kan anak alim. *halah*
ALhamdulillah ujianku lancar, yg remed cuman atu, pelajaran g penting yg cuma ada di skolahku *uuppzz..* heheee..

Well, lama buanget yah g cuapcuip disini, kangen nulis niiihh...
Teman, dah musim pemilu niih.. bentar lagi pemilihan capres, hoho.. bakalan seru g yaa?? Tadi ada debat capres tp aq g nonton.. habis pada ngomong ndiri2, g debat... kan jd boring..

Mw pemilu pastinya rame kampanye dumz.. rame juga mengagung-agungkan visi dan misi masing-masing capres. Hmm... pastinya visi dan misi mereka sudah kita anggap sebagai sebuah ungkapan "janji" yang keluar dari mulut bibir mereka.
Nah, tau kan kalo janji itu harus ditepati?? Lalu, apakah visi dan misi mereka yg LUAR BIASA banget itu, yg sama2 kita anggap sebagai janji akan diwujudkan oleh mereka? Setidaknya 50% dari visi dan misi itu bisa dijalankan? Kita liat aja nanti...

Hmm..kalo misalkan kurang dari 50% visi dan misi mereka diwujudkan, wuuuaaahh bakal jadi apa nih bangsa?? Siapa yang nggak kecewa sama janji orang "besar" di negara kita ini? Yang katanya akan meningkatkan kemakmuran bangsa? Mengurangi angka kemiskinan?
Siapa yang nggak kecewa kalo sesuatu yang dijanjikan oleh orang lain itu diingkari??
Siapa yang nggak sakit hati kalo janji2 itu nggak ditepati??

Hal ini jadi pelajaran buat kita. Jangan asal bikin janji kalo memang kita nggak mampu,tapi kalo kita mampu ya silakan dan kalo misalnya kita belum mampu tapi berusaha untuk memenuhi, oke banget!!

Situasi lain...
Anak remaja biasalaaah main bercanda-bercandaan gitu, ya kan?? Aku sendiri mengakuinya, hehe... Tapi teman... Sadarkah kamu kalo bercanda terlalu berlebihan itu bisa menyakiti hati orang lain?? Bahkan bisa dituntut (kayak kasusnya tante Prita gitu dee,,, hehe..)
Bisakah kita ngerti perasaan orang yang kita candain? Mungkin wajahnya biasa aja, ikutan ketawa, ikutan senyum tapi hatinya? Mungkin aja diem2 dia sakit hati karena perkataan kita yang buat dia...... nyolot mungkin...
Yah, kita bisa bilang sih "Kan cuma bercanda, jangan diambil hati.." tapi yang namanya udah sakit hati tuh, wuaduuuuhhh... susah sembuhnya, hehe.. Siapa tau temen kita itu orangnya emang pemikir, jadi apapun yang dibicarain orang lain itu dianggap serius meskipun memang sebenernya cuma bercanda.

Ucap janji, bercandaan, itu pasti semuanya diomongin alias dibicarakan. Artinya... kita bicara kan, teman??
Hmm... Semua yang kita omongin, yg kita bicarakan nantinya akan diminta pertanggungjawabannya. Begitu juga janji kita, pasti nanti mereka yang kita berikan janji akan minta "janji" itu. Bercandaan kita?? Aku kasih satu contoh aja yah..
sekarang lagi musim nih, yang namanya "perjodohan". Yah, sebagai sampelnya... gampangnya kita sebut aja si A (cewek) dan si B (cowok).
Si A ini punya temen. Suatu hari si A kepergok si temen lagi deketan sama si B. Dengan gampangnya dia menyimpulkan "pasti ada hubungan "apa-apa" antara mereka.." lalu keesokan harinya, si temen ngata2in si A tadi "suka" atau bahkan "pacaran" sama si B pdahal si A nggak ada apa-apa sama si B dan dia nggak ada perasaan apapun ke si B. Lama-lama berita tentang "si A suka sama si B" ini nyebar ke seluruh temen sekelasnya. AKhirnya si A harus sabar nerima "perkataan" temen-temennya tentang isu tersebut. Lama-lama si A ngerasa puuaaannnaass banget tiap ada temennya yang ngata2in dia SUKA sama si B.

Apakah temen2nya mikirin kejadian selanjutnya?? Yang ada mereka membiarkan si A merana meratapi nasibnya yang di"fitnah" oleh mereka sementara mereka seneng banget ngatain si A sama si B. Sementara itu si B akhirnya tau tentang beritanya sama si A. Si B tanya ke si A "apakah beirta itu benar??" si A harus jawab apa?? soalnya temen2 udah bener-bener meyakinkan banget tuh kata2nya...

So??
Bercanda berlebihan bisa menumbulkan fitnah juga kan??
Astaghfirullah...
Apa yang udah kita ucapin selama ini juga adalah doa. Jadi kita jangan asal ngomong juga karena bisa berbahaya...
Jangan asal bikin janji, jangan asal nyebarin berita yg simpang siur kejelasannya, dan jangan asal bicara karena akibatnya fatal. Kalo orang yang bersangkutan sakit hati, bisa-bisa kita kena kasus kayak tante Prita (lagi-lagi aq ucapkan itu, wkwk)
Oke teman?? Mulai sekarang, belajarlah bicara yg sopan, yg nyenengin, dan kalo bercanda jgn sampe nyolot oke?? InsyaAllah kalo kita ngomongnya juga baik ke orang2, maka kita juga akan mendapatkan kebaikan dari mereka, amiiinn...

*aku memang bukan penulis yang baik
tapi aku hanya ingin menyampaikan sesuatu yang baik
yang berguna buat temen-temen semua...*


_bUdzZ_09_

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi