Ibu Kita Kartini

Assalamu'alaikum wr.wb

Ehehee.. aduhaduuh lama banget yah, nggak ngepost. Maklumlah banyak acara jadinya nggak sempat nulis disini (alaah gayanyaaa :D)
Hei!! Sekarang tanggal 21 April guys!! Hari besarnya wanita Indonesia, hihii.. Hari Kartini!!

Kalo Kartinian begini pasti kalimat yang terkenal adalah "Habis Gelap, Terbitlah Terang.." dimanapun di seluruh Indonesia dan tentunya semua udah kenal banget sama cerita hidupnya beliau. Beliau adalah tokoh wanita Indonesia yang pertama yang berperan banget dalam kehidupan para wanita, hoho. Terlahir sebagai anak bangsawan, Bupati Jepara, yang selalu gelisah mikirin hak kebebasan wanita. Ow yeah, jamannya ibu Kartini itu, wanita bener-bener dikekang di dalem rumah, nggak boleh sekolah, nggak boleh milih calon suami sendiri, nggak boleh main-main sembarangan, harus ada di rumah mengerjakan pekerjaan rumah (menjahit, memasak, mencuci, dsb) Ckck, kejamnyooo..

Nah, terus ibu kita ini merasa kok kayaknya wanita, tuh nggak dibolehin menentukan pilihan sendiri, sih? Padahal, kan wanita juga manusia mameeenn! Pemikirannya terutama pada bidang pendidikan. Dengan latar belakang bahwa wanita nggak punya kebebasan hidup dan keinginannya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya akhirnya beliau bertekad HARUS BISA memajukan kehidupan wanita bangsanya, Indonesia. AKhirnya beliau bikin sekolah buat para gadis. Pelajarannya masih seputar kerumahtanggaan tapi setidaknya temen-temen wanita ini nggak terlalu terbelakang dan semakin terdepan (widiiihhhh..)

Yang terkenal lagi adalah kisah pengalamannya surat-menyurat dengan sahabat-sahabatnya di Belanda. Nah, surat-surat tersebut kemudian dibukukan dengan judul Door Duistermis tox Licht atau bahasa kerennya Habis Gelap Terbitlah Terang. Judul ini dipilih jelaslah karena pada awalnya nasib wanita semacam gelap gulita gitu, nggak ada pilihan hidup, semuanya diatur sama petinggi-petinggi nggak jelas yang kebanyakan laki-laki kemudian akhirnya ibu kita Kartini mampu menerangi karir para wanita sehingga berbahagialah kawan-kawanku yang wanita, sekarang kita bisa hidup enak, banyak pilihan, dan derajatnya sama dengan pria.

Sedihnya, mentang-mentang sekarang kaum wanita udah bisa bebas kesana-kemari, ada beberapa dari mereka yang nggak memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Wanita yang seharusnya dihormati layaknya manusia lainnya, bagi mereka yang udah putus asa malah mempermalukan dirinya. Oh, Gosh! Come on! Stop doing that!
Pilihan hidup itu banyak, men! Ayo kita bareng-bareng, sebagai wanita yang berbudi dan bisa dipercaya, lakukan sesuatu untuk dunia seperti apa yang telah ibu Kartini lakukan. Don't be afraid! Banyak lho, wanita Indonesia yang masuk dalam 100 wanita paling berpengaruh di dunia, salah satunya ibu Menteri Perekonomian kita, Sri Mulyani. Wuoow prestasinya luar biasa bok!

Kalau ada yang belum kenal Bu Sri Mulyani, beliau ini adalah lulusan S3 University of lllinois Urbana-Champaign, U.S.A. Prestasinya buanyak banget, aku nggak bisa sebutin yang jelas yang harus kita tahu bahwa beliau ini merupakan Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006. Wow!! Tepuk tangan doooonngg!!
Bangga, kan salah satu tokoh wanita kita ternyata juga dikenal di dunia. Ayok, kita wanita yang lain selalu bersatu memajukan Indonesia!
Kita teruskan perjuangan ibu Kartini demi INDONESIAA!!

Comments

Popular posts from this blog

Guruku "tersayang" wkwkwk...

[Apresiasi Buku] Korean Cool: Di Balik Drama Reply 1988 sampai SMTown Paris 2012

Gadis Rantau #2: Antara Tempat Tidur dan Kamar Mandi